STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA INDUSTRI KREATIF BERBASIS SABLON DALAM PENINGKATAN PRODUKTIFITAS KARYAWAN DI ZEE.SCREENPRINTING

  • Zandra Dwanita Widodo UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA
  • Rini Adiyani UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA
  • Andi Yusuf Katili Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna
Keywords: Sablon, Strategi, MSDM, Produktivitas Kerja, Industri Kreatif

Abstract

Industri kreatif berbasis sablon di era new normal dimasa pandemi Covid-19 ini memiliki tantangan untuk terus bertahan menjajakan produk kreatifnya dipasar lokal maupun mancanegara. Strategi konseptual manajemen dengan strategi pengembangan manajemen sumber daya manusia dilakukan para akademisi dengan harapan dapat membantu meningkatkan produktifitas karyawan di Zee Sceenprinting sebagai Vendor Printing dan Brand Clothing Manufacture. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bahwa keberhasilan dalam pencapaian visi misi organisasi perusahaan tidak terlepas dari dukungan manajemen SDM dan SDM yang handal dengan produktifitas kerja yang baik. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian
kepustakaan. SDM merupakan perangkat manajemen sebagai strategi inovasi untuk bertahan di era new normal dengan beragamnya kompetitor. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa SDM dalam sebuah industri kreatif sablon Zee Screenprinting merupakan perangkat pengembangan penting. Dengan skema manajemen sumber daya manusia berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemutusan
hubungan kerja dalam peningkatan produktifitas karyawan, dihararapkan dapat mencapai visi misi usaha industri kreatif berbasis sablon Zee.Screenprinting dengan efektif dan efisien

Published
2021-08-18