IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL HUSAIN MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di pondok Pesantren AL Husain. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian diambil 10 informan yaitu Kepala Asrama, Kepala sekolah, Pengurus asrama, guru, satpam, penjaga kantin dan santri. Data penelitian diambil melalui wawancara secara mendalam (indepth interview) kepada seluruh informan dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam nilai karakter yang di tanamkan di Pondok Pesantren AL Husain, enam nilai karakter tersebut dilaksanakan melalui: (1) kejian kitab Al Qur’an, kajian kitab agama islam dan mujahadah (pembinaan karakter religius); (2) apel pagi dan monitoring setiap kegiatan (pembinaan karakter disiplin); (3) ekstra khitobiah (pembinaan karakter percaya diri); (4) oragnisasi santri Al Husain dan penjadwalan jadwal piket (pembinaan karakter tanggung jawab); (5) mencuci baju, melipat baju, menata al mari, membereskan tempat tidur, dan belajar malam (pembinaan karakter disiplin); (6) menugaskan santri sebagai pengawas dalam setiap kegiatan (pembinaan karakter jujur).