PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM BEROLAHRAGA SELAMA MASA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBAHASA ARAB

  • Nurul Hidayah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Arif Setiawan Sekolah Islam Terpadu Insan Mandiri Cendikia Palembang
Keywords: Pendidikan, Olahraga, Arab, Aktivitas Pandemi

Abstract

Covid 19 membuat siswa tidak memiliki aktivitas di luar rumah, sehingga siswa lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar daripada aktivitas. Kurangnya aktivitas tidak hanya membuat siswa tidak sehat tetapi juga melemahkan prestasi akademik mereka karena lebih fokus pada bermain gadget. Metode penelitian ini merupakan metode survei untuk melihat pengaruh kedua variabel tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang memiliki aktivitas tinggi dalam olahraga dapat memiliki kemampuan berbahasa Arab yang baik. Hal ini dikarenakan Siswa yang aktif akan memaksimalkan indranya untuk menjelajahi dunia luar sehingga membuatnya mampu menyelesaikan tugas-tugas belajar yang kompleks dan mendukung perkembangan kognitif dan bahasa. Siswa yang memiliki aktivitas tinggi dalam berolahraga lebih bugar dan kuat sedangkan anak yang belajar bahasa sejak usia sekolah dasar mampu membuat otaknya menerima lebih banyak kosakata. Sehingga kedua variabel tersebut tidak hanya saling mempengaruhi sebesar 87,7% tetapi juga saling mendukung untuk menjadikan anak lebih pintar dan sehat.

Published
2021-08-18