DIGITAL MARKETING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN: PEMAHAMAN, PENERAPAN DAN EFEKTIFITAS

  • Lukmanul Hakim Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Indra Nanda AMIK Citra Buana Indonesia
  • Yuyun Bahtiar Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Jasiah IAIN Palangkaraya
Keywords: Digital Marketing, Lembaga Pendidikan, Education, Philosophy, Culture

Abstract

Pemasaran Digital (Digital marketing) adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Konsep pemasaran ini menjadi alternatif bagi pemasar untuk memasarkan produk atau jasa, termasuk institusi pendidikan dalam memasarkan jasa pendidikan. Penelitian ini ingin menggali bagaimana institusi pendidikan memahami konsep, penerapan dan efektifitas pemasaran jasa pendidikan menggunakan pemasaran digital (digital marketing). Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskritptif kuantitatif. Instrumen dalam pengambilan data menggunakan kuisioner/angket tertutup yang dibagikan langsung kepada responden. Selanjutnya, data dalam penlitian ini dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Sebanyak 95% responden menyatakan ya, telah memahami konsep pemasaran digital, sedangkan sisanya sebanyak 5% menyatakan tidak memahami. Pada tahap pelaksanaan, 95% responden yang menyatakan bahwa guru dan siswa ikut terlibat dan berkolaborasi dalam usaha mempromosikan sekolah. Namun sebanyak 5% responden menyatakan tidak turut aktif. Mengenai persepsi efektifitas, 50% responden menyatakan sangat setuju, 45% responden manyatakan setuju, dan 5% menyatakan cukup setuju bahwa pemasaran digital efektif sebagai alternatif sekolah dalam memasarkan jasa pendidikan pada masa pandemi covid 19.

Published
2021-09-16