ANALISIS PENJUALAN ONLINE PERLENGKAPAN OLAHRAGA USAHA MIKRO PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penjualan merupakan tahap penting bagi seorang wirausahawan untuk mendapatkan keuntungan di masa pandemi covid-19. Hal ini juga diuntungkan dengan kesempatan dimana permintaan terhadap perlengkapan olahraga selalu dibutuhkan setiap waktu. Namun pada kenyataanya tidak selalu barang yang dijual laku di pasaran. Hal ini menjadi perhatian peneliti tentang konsep penjualan yang baik dan sesuai dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat saat ini. Penjualan secara online menjadi cara yang menguntungkan untuk mengatasi pembatasan kegiatan masyarakat di lapangan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: (1) Pemilihan topik, dan kasus penelitian, (2) tahap studi literatur, (3) Perumusan masalah penelitian dan fokus penelitian, (4) Tahap pengumpulan data, (5) Tahap pengolahan data, (6) Tahap analisis data, dan (7) Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kenaikan penjualan harian secara online perlengkapan olahraga tiap bulannya pada semester pertama tahun 2021. Meskipun demikian terdapat hari tanpa transaksi penjualan.